ACTIVITY REPORT
HI LOVE: Handling HIV & AIDS Thoroughly with Love
Pada akhir tahun 2019, UNAIDS menyatakan Indonesia merupakan negara dengan kasus HIV terbanyak dan menempati urutan ketiga se-Asia Pasifik. Hal ini dinilai dari pertumbuhan HIV yang terjadi di Indonesia hingga 46 ribu kasus per tahunnya. Sedangkan dalam peringkat dunia, Indonesia mencapai posisi 20 teratas. Dalam laporannya, UNAIDS juga menyatakan bahwa beberapa orang dengan HIV mengalami diskriminasi yang berkaitan dengan kesehatan seksual dan reproduktif mereka.
Sejak 1988, World AIDS Day diperingati setiap 1 Desember. Peringatan ini dapat menjadi salah satu sarana besar untuk meningkatkan edukasi, kesadaran, dan perlawanan akan prasangka yang ada di masyarakat. SCORA CIMSA UGM, melalui perayaan ini, akan mengambil peran besar dalam menggapai tujuan yang dimaksud melalui kegiatan HI LOVE
Kegiatan dimulai dengan Local Peer Education Training pada tanggal 1 Desember 2023 di Kolektif Space Yogyakarta dengan target audiens member SCORA CIMSA UGM yang diikuti juga dengan workshop pembuatan totebag. Selanjutnya, diadakan talkshow yang bekerja sama dengan AKSATA teruntuk ODHA/ODHIV dari Yayasan Victory Plus mengenai pentingnya pengobatan ARV dan pemberian totebag yang telah dihias oleh OC. Rangkaian ditutup dengan ground campaign dan social experiment dimana 2 orang OC berpura-pura menjadi ODHA/ODHIV dengan membawa kertas bertuliskan, “Saya penderita HIV&AIDS, Maukah Anda memeluk saya?”. Aksi tersebut mendapat respon yang baik dari masyarakat dengan memeluk orang tersebut



Objectives:
Meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat mengenai HIV & AIDS dan mengurangi diskriminasi serta stigma negatif terhadap ODHA melalui pengadaan Local Peer Education Training (LPET), air campaign, talkshow, dan social experiment selama 3 hari. LPET diikuti minimal 25 member SCORA CIMSA UGM dan diukur melalui rata-rata nilai post-test minimal 65% atau kenaikan pre-test ke post-test sebanyak 15%. Air campaign diadakan melalui platform Instagram yang ditujukan ke masyarakat umum dengan target likes sebanyak 100 likes. Talkshow diadakan di Ling-Lung Kopi & Eatery bersama AKSATA dengan target anak remaja dari Yayasan Victory Plus Yogyakarta minimal 25 orang dan diukur melalui rata-rata nilai post-test minimal 65% atau kenaikan pre-test ke post-test sebanyak 15%. Social Experiment diadakan di Malioboro Yogyakarta dengan target masyarakat umum minimal 30 orang.